Review ClassPass Indonesia Gantinya GuavaPass

3:00:00 PM

Hola!

Buat yang mau kurus pasti pernah denger GuavaPass sih haha. Aplikasi booking venue olahraga ini ganti nama jadi ClassPass. Gue dapet emailnya sebulan lalu, walaupun pas jaman GuavaPass gak ikutan daftar, gue akhirnya coba karena ada promo free 1 bulan membership. Oke banget gak tuh? So I signed up. Simak review lengkapnya ya.


GuavaPass is now ClassPass

Jadi, pada dasarnya aplikasi ini adalah apps buat booking studio olahraga atau gym. Caranya tinggal install, bayar membership selama sebulan, dan kita dapet slot beberapa kali buat olahraga di banyak tempat + ga usah bayar lagi, karena udah bayar di muka.

Dulu, ClassPass namanya GuavaPass, sekarang ganti nama dan kayaknya sih sama aja metodenya. Gue kurang tau karena gak daftar GuavaPass. Untuk promo pertamanya kita digratisin, dan ClassPass ini sistemnya pake poin.

Beda harga, beda juga dapetnya. Tapi buat kalian yang baru daftar, bakal dapet gratis 25 poin di bulan pertama. Kalau beli, itu harganya 580ribuan. 25 poin ini kira-kira bisa dipake 6-8 kelas lah. Tergantung kelas yang kalian ambil. Misal, kalian pengen zumba di Soulbox, di situ udah tercantum poin yang harus dikeluarkan. Bisa 3, 4, 5 dan yang paling mahal yang pernah gue liat adalah 12 poin (di 20Fit).

Semakin sering kalian ambil kelas yang "mahal" (lihat jumlah poin), semakin abis dan akhirnya cuma bisa ambil sedikit kelas aja.

Cara Booking Kelas ClassPass

interface aplikasi ClassPass
Setelah daftar, tinggal cari kelas berdasarkan lokasi kalian. Nah di sini diurutin sesuai waktu. Dari pagi sampai paling malem, beserta kelas dan nama studionya. Tinggal book a class deh. Nah tapi yang harus diingat, kalau kalian CANCEL kurang dari 12 jam sebelum kelas dimulai, kalian bisa kena penalti sebesar Rp 37ribuan. Kalau kalian gak dateng, penaltinya Rp 50ribu. Udah nyobain keduanya, asli sih, kalau keseringan, rugi juga.

Berhubung pembayaran cuma bisa pake CC atau VISA, jadi duit otomatis ditarik ya bok. Kalau gue sih bookingnya sekitar 2-3 jam sebelum kelas dimulai, biar pasti aja. Soalnya waktu itu pernah dari pagi udah niat banget, eh sorenya ujan gede banget, dan gak memungkinkan jalan. Alhasil kena denda Rp 50ribu. Asyem.

Langsung aja ke plus dan minus ClassPass deh.

ClassPass Indonesia Pros


  • Bisa pindah-pindah studio senam! Enak sih, buat coba macem-macem tempat, daripada terlanjur bayar 1 bulan mahal-mahal, eh taunya zonk kan.
  • Banyak pilihan kelas. Karena studionya beda-beda, otomatis pilihan kelasnya jauh lebih banyak ya. Dan jadwal dari pagi sampe malem keliatan semua.
  • Cheaper, tapi ya emang gak dapet banyak kelas, alias gak unlimited. 
ClassPass Indonesia Cons
  • Ada penalti cancel booking dan kalau gak dateng kelas. Agak gimana sih sama ini, karena kadang ada hal-hal gak terduga. Kayak ujan deres banget, jadi terpaksa dicancel, kelas yang udah dibooking. Resikonya, kita harus bayar Rp 37 ribu. Mending cancel last minute daripada gak dateng sama sekali. Bayarnya Rp 50ribu.
  • Lebih banyak studio di daerah Jakarta Selatan. Asli pilihan studio di JakPus terbatas sih, gue pun akhirnya dateng ke situ-situ lagi. 
  • Beberapa kelas poinnya mahal. Jadi tergantung studionya ya, kalau fancy sih bisa sekali dateng harganya 5-12 poin. 

Verdict

Gue merekomendasikan ClassPass buat kalian yang baru mau aktif olahraga lagi dan males keluar duit banyak. At least, komitmennya ada, dengan bayar Rp 580ribuan perbulan. Lumayan, sambil cari studio olahraga yang cocok sama kalian.

Tapi buat yang emang reguler olahraga terus sih, ClassPass ini agak kurang cocok sih. Karena sistemnya yang gak unlimited. Sayang dong, biasa olahraga seminggu 4-5 kali jadi terbatas karena poin yang cuma cukup buat 7-8 kelas doang.

Kalau gue pribadi udah jalan 2 bulan dan masih enjoy banget. Tapi lagi mencari tempat/layanan lain yang gue bisa coba unlimited sebulan, jadi lebih fleksibel seberapa banyak atau seringnya gue dateng.

Studio Olahraga Favorit di JakPus versi gue:
DOMA Studio - bersih, ruangannya luas, fasilitasnya lengkap, kurang air galon aja sih. Kudu bawa sendiri
FitbyBeat - baru coba sekali tapi so far keliatan bersih dan luas, instrukturnya juga oke. Cuma loker harus pake gembok sendiri (which is silly, kenapa ya?)
Medifit Cideng - membernya sedikit, kalau malem cuma ber 4 doang, gue suka banget sih, jadi belajarnya lebih jelas. Fasilitas b aja. Kamar mandi cuma 2, ada sauna tapi.

Kalian pernah coba juga? Rekomen gue studio olahraga yang enak seputar JakPus dong! hehe. Thank you for reading!




You Might Also Like

0 comments

Part of

Blogger Perempuan

Part of

beautynesia blogbeautynesia

Also In

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Labels